Tuesday, September 25, 2007

depresi hormonal wanita


depresi tu artinya gangguan psikologis yang mempengaruhi perasaan, pikiran, fisik, juga tingkah laku.
gejala orang depresi adalah murung dan sedih, hilang minat dan gairah, serta rasa lemah dan tidak bertenaga.
gejala lainnya seperti konsentrasi menurun, rasa bersalah berlebihan,gangguan tidur dan makan serta perasaan putus asa.
wanita ternyata lebih rentan mengalami depresi. hal ini disebabkan adanya perubahan hormonal, ketika jumlah esterogen menurun akan memunculkan gejala depresi.
dalam tubuh wanita terdapat dua hormon yaitu esterogen serta progesteron. keduanya bekerja secara bergantian, misalnya dalam kondisi menstruasi jumlah esterogen menurun sedangkan progesteron naik pada saat pre-menstrual syndrome (PMS)
dalam kondisi ini wanita lebih mudah untuk sedih, sensitif, marah dan mudah menangis.
bagi wanita yang menjelang menopause, tepatnya setahun sebelumnya akan semakin beresiko mengalami depresi. kondisi ini disebut pre-menopause
tapi selain perubahan hormonal, karakter wanita yang lebih mengedepankan emosional daripada rasional juga berperan.
jadi..buat kalian para pria yang lebih mengedepankan rasional, cobalah mengerti gejala yang terjadi pada pasangan kalian, cobalah untuk memahami bukannya emosi dalam menghadapi wanita yang sedang mengalami depresi akibat perubahan hormonal ini(duh...curhat nih)

2 comments:

.:: AG. SYAM ::. said...

"Karena wanita ingin dimengerti" Kadang saya sendiri suka kurang paham apa yg diinginkan wanita saat badmoodnya lagi datang.

Anonymous said...

Trus para pria musti gimana ketika para wanita sedang masa pancaroba-nya.....kadang pria tak mampu mencapai dengan rasionalnya.....:)