Wednesday, November 28, 2007

berapa kali kamu mengeluh?

Beberapa hari yang lalu aku nonton ‘oprah winfrey show’ tentang keluhan manusia. Semua orang pernah mengeluh dan sebagian orang selalu mengeluh. Aku sendiri baru sadar ternyata tiap hari terlalu banyak mengeluh tentang banyak hal. Aku sering mengeluh tentang orang lain, juga mengeluh tentang kesalahan atau kelalaian yang aku buat sendiri. Aku juga banyak ngeliat orang yang sama seperti aku.. tentang badannya terlalu gemuk, terlalu kurus, kulitnya terlalu sensitive, cuaca yang terlalu panas, terlalu dingin, makanan yang gak sesuai selera sampai mengeluh tentang keluhan orang lain. Mungkin kalo kita dan orang2 di sekitar kita berhenti mengeluh, dunia akan sedikit lebih damai. Menurut tamunya tante Oprah tadi, kita bisa melatih diri kita untuk tidak mengeluh (setidaknya berusaha mencoba). Dunia tanpa keluhan sedang diusahakan dengan membentuk kebiasaan baru yang lebih positif. Gelang tangan digunakan alat untuk membentuk kebiasaan baru tanpa keluhan. Ketika kita mulai mngeluh, gelang harus dipindah ke pergelangan tangan yang lain dan seterusnya sampai kita berhasil mempertahankan gelang tadi selama 21 hari hanya di satu tangan. Karena menurut mereka, kebiasaan baru dapat terbentuk selama 21 hari. Aku sendiri belum pernah nyoba, aku rasa itu tantangan berat juga. Hari ini aja tanpa disadari, ternyata aku udah mengeluh tentang beberapa hal, tentang pengguna jalan yang ugal2an (padahal kadang aku juga gitu..), rasa jenuh, juga operator seluler yang terus gagal ngirim sms. Huwaaaa…..

So. Buat kamu-kamu, hari ini udah mengeluh tentang apa aja?

4 comments:

Dony Alfan said...

Posting menarik dari sudut pandang seorang perempuan, secara yang sering ngeluh itu perempuan, no offense beib.
Tien, akyu pengen mengeluh sama kamyu lagi...

Joell said...

Iya setuju ma komen dari mas Doni diatas...yang sering mengeluh tu kebanyakan cewek, cewek saya contohnya..sering banget ngeluh tentang banyak hal, mulai dari keadaan tubuhnya sampe ngeluh kalo dia ngerasa saya nomerduakan setelah kamera saya..lha opo tumon???tapi boleh juga idenya si oprah, coba Jeng Kristin coba terapi gelang itu...tell me the result...

lovelydee said...

Iya jeng, saya kebetulan juga pas nonton. Rasanya susah banget ga mengeluh alias sambat..
Tapi bingung juga sih..kadang kita cuma jujur ungkapin isi hati. Tapi, tetep aja esensinya keluhan. Yah, seperti kangmas panjoell di atas yang bilang tentang keluhan2 saya. Tapi cen kadang2 aku dinomerduakan ding!! Hehehe...

KonX said...

aku mau mengeluh nih... kok kalian pada mengeluh semua kalo cewek kalian mengeluh? everybody loves mengeluh....