Monday, May 20, 2019

PENGALAMAN MINGGU PERTAMA TINGGAL DI STOCKHOLM


Ini nasibku harus merantau ke negeri yang bahkan dulu ga tau dimana letaknya sampe harus liat bola dunia. Datanglah waktu yang sudah sengaja saya tunda selama mungkin, karena saya tau hidup di negeri orang itu gak mudah. Saya belajar dari kepindahan saya dari Pekanbaru ke Solo. Beda pulau saja waktu itu berat, karena ga punya teman, ga tau jalan, makanan yang saya suka ga ada dll.

Banyak yang bilang saya beruntung bisa tinggal di luar negeri bahkan sebelum saya berangkat. Tapi sebenarnya dalam hati saya lebih memilih untuk tinggal di Indonesia. Biarpun serba minimalis, ga modern, ga futuristik, kadang juga kurang bersih, tapi tetap aja lebih enak tinggal di negeri sendiri. Semua serba mudah karena kita sudah paham dan sudah belajar hidup sepanjang umur.

Maka sayapun mau menunjukkan ke orang bahwa hidup di negeri orang ga seenak yang kita bayangkan dengan membagi pengalaman minggu pertama mbak Ngatini tinggal di Stockholm Swedia. Nangis´nangis dan mengalami cultural shock. Karena ngerasa kayak bayi yang baru lahir lagi, ga bisa ngomong, ga bisa kemana-mana, ga ngerti orang ngomong apa, ga ngerti cara belanja bahan makanan dll.

Silahkan tonton video lengkapnya di Ngatinishot.


Tags 
berapa lama proses visa swedia; syarat membuat visa swedtinggal di swedia; ngatini is hot; ngatinishot; living abroad; pendaftaran ke swedia; tips kuliah di swedia,rita cs terbaru; pengalaman minggu pertama tinggal di eropa; pendaftaran kuliah swedia 2019; pendaftaran sweden; moving to stockholm; tinggal di swedia; pengalaman minggu pertama tinggal di swedia; tinggal di stockholm; pengalaman mengurus visa swedia

No comments: