Friday, June 21, 2019

PERAYAAN DATANGNYA MUSIM PANAS DI SWEDIA


Hari Jumat tanggal 21 Juni 2019 adalah hari perayaan datangnya musim panas di Swedia atau disebut Midsommarafton. Festival musim panas ini juga merupakan tradisi di Swedia dimana keluarga dan teman berkumpul dan menikmati siang terpanjang dalam satu tahun.

Pada perayaan Midsummer, semua orang senyum bahagia, pakai baju bunga-bunga dan mahkota bunga sambil berdansa dan bernyanyi mengelilingi tiang yang juga dibalut bunga-bunga yang melambangkan kesuburan.

Aku dan keluarga suami mengabiskan perayaan midsummer bersama mulai dari makan siang, bikin makhota dari bunga asli, main permainan KUBB atau game tradisional orang Swedia, lalu berkumpul, dansa dan bernyanyi, Fika dibawah sinar matahari, makan malam barbeque dan terakhir ditutup dengan minum kopi didampingi dengan menikmati kue khas musim panas, Midsummer Cake yang dihiasi banyak buah strawberry di atasnya.

Yang paling menarik adalah adanya lagu yang sangat familiar yang juga dinyanyikan di Swedia yaitu lagu anak-anak berjudl ''Kodok Ngorek''. Menarik karena lagu ini biasa lebih dikenal oleh orang jawa, tidak terlalu familiar untuk orang Indonesia pada umumnya. Lagu ini juga dinyanyikan di Swedia dan menceritakan hal yang sama yaitu tentang kodok yang berkeliaran di sekitar air dan bagaimana suaranya.

Lengkapnya bisa ditonton di video ini : cekidot


#MidsummerFestSweden2019
#Midsommarafton2019

No comments: