Monday, July 8, 2019

PENGALAMAN BELAJAR BAHASA SWEDIA



Belajar bahas Swedia bener-bener bikin pusing. Karena sebelumnya belum pernah dengar dari televisi ataupun lagu. Bahasa Inggris ku aja pas-pas an, ga pernah lulus dan punya sertifikat dari lembaga kursus bahasa Inggris karena ga pernah selesai setiap kai kursus. Sekarang aku harus tambah belajar bahasa Swedia. Kursus ini ditujukan kepada pendatang dari berbagai negara yang ingin belajar bahasa Swedia. Karena les ini gratis dan tidak dipungut biaya pastinya aku tertarik, siapa yang menolak untuk belajar gratis?

Tapi ternyata walaupun gratis tidak semudah yang dibayangkan. Tidak ada pengantar bahasa Inggris dalam kursus ini. Mungkin karena murid yang datang belum tentu bisa berbahasa Inggris, semua datang dari berbagai negara dan bahasa yang berbeda. Tapi bener-bener bikin stress ketika kamu coba memahami kata-kata yang belum pernah kamu dengar sebelumnya. Kepala berkunang-kunang, perut tiba-tiba lapar, dan berbagai gejala lain.

Bukan hanya di kelas aku ngerasa stress. Di luar kelas pun stress karena ketika coba komunikasi dengan teman sekelas yang rata-rata bahasa Inggrisnya minim (lebih parah dari bahasa Inggrisku yang pas-pasan ini) Selalu aja gak nyambung antara jawaban dan pertanyaan dan tambah bikin stress dan geregetan. Tapi kadang juga lucu kalo ngeliat orang lain lagi ngobrol dan mereka ga nyambung. Makanya aku coba sedikit gambarkan di video di atas.

Video itu menggambarkan pengalaman ku kursus bahasa Swedia selama satu bulan. Juga memberi gambaran tentang percakapan yang sering terjadi di lingkungan ketika satu sama lain ga ngerti apa yang diucapin orang lain. Tapi bisa juga itu gambaran aku yang stress setelah selesai kelas bahasa.. hahaha



Selamat menonton

No comments: